Home Berita - Artikel Bupati Grobogan Laksanakan Hari Menanam Pohon Indonesia

HMPIBertempat di lapangan Dusun Ngangkruk Desa Bandungsari Kecamatan Ngaringan, upacara memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2012 dilaksanakan dengan dipimpin langsung oleh Bupati Grobogan, H.Bambang Pudjiono,S.H. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2012.

Dalam kegiatan ini diikuti oleh sekitar 600 peserta yang terdiri dari KODIM 0717 Purwodadi, POLRES Grobogan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Grobogan, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Grobogan, Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan, Tim Penggerak PKK Kabupaten Grobogan, Dharma Wanita Kabupaten Grobogan, Persit Kartika Chandra Kirana Kabupaten Grobogan, Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) Kabupaten Grobogan, Bhayangkari Kabupaten Grobogan, Perum Perhutani KPH Purwodadi, Perum Perhutani KPH Telawah, Perum Perhutani KPH Gundih, Perum Perhutani KPH Semarang, Pemerintah Kecamatan Ngaringan, Kepala Desa / Kelurahan,Perangkat Desa / Kelurahan, dan Badan Perwakilan Desa se-Kecamatan Ngaringan, Organisasi Masyarakat,PKK Kecamatan dan PKK Kelurahan / Desa Se-Kecamatan Ngaringan, Ketua Kelompok Tani / LMDH se-Kecamatan Ngaringan, LSM dan Swasta, Pramuka Saka Wana Bhakti binaan Perum Perhutani KPH Purwodadi, Pelajar se- Kecamatan Ngaringan.

Dalam acara ini juga dihadiri oleh tamu undangan yang berasal dari Ketua DPRD, Forum Komunikasi Pemerintah Daerah ( FORKOM ), Setda, SKPD/Kantor, Camat beserta Istri, Adm dari 4 KPH di wilayah Purwodadi, MUSPIKA Kec. Ngaringan beserta istri, Sekcam Ngaringan, KUA Ngaringan dan Organisasi Wanita yang terdiri dari TP-PKK, Dharma Wanita, Persit Kartika Chandra Kirana, Bhayangkari, Perhutani dan GOW.

Menurut Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab.Grobogan, Ir.H.Zufron,MM, bibit yang ditanam tahun 2012 ini berasal dari berbagai sumber, antara lain Balai Pengelolaan DAS Pemali Jratun, Kebun Bibit Rakyat Tahun 2012, kegiatan APBD Kabupaten Grobogan Tahun 2012, Kegiatan DAK Bidang Kehutanan Tahun 2012, dan bibit yang berasal dari kawasan hutan.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa bibit yang berasal dari Balai Pengelolaan DAS Pemali Jratun berjumlah 50.000 batang dengan jenis bibit sengon, sawo kecik, mangga, melinjo, petai, rambutan, sukun, jambu biji dan gaharu. Bibit yang berasal dari Kebun Bibit Rakyat Tahun 2012 sejumlah 2.500.000 batang dengan jenis bibit jati, mahoni, nangka, sirsak, sengon dan alpukat yang terdapat di 14 Kecamatan, 50 desa. Bibit yang berasal dari kegiatan APBD Kabupaten Grobogan Tahun 2012 sebanyak 10.300 batang dengan jenis bibit jati, mangga, sukun, petai, durian, dan rambutan. Bibit yang berasal dari kegiatan DAK Tahun 2012 sebanyak 73.240 batang dengan jenis bibit jati, sengon, sukun, mangga, rambutan , petai dan durian. Sementara itu bibit yang berasal dari dalam kawasan hutan sebanyak 4.994.395 batang. Sehingga Jumlah keseluruhan kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional sebanyak 7.626.953 batang.

Dishutbun Kab.grobogan

 

Add comment


Security code
Refresh